Berbagai usaha telah dilakukan sang ibu untuk menjaga janin yang dikandung agar tetap sehat. Mulai dari menghindari asap rokok, berhenti minum alkohol, mengurangi konsumsi kafein, hingga memperhatikan asupan nutrisi. Nutrisi yang terpenuhi dengan baik, tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil tapi juga berlaku bagi Anda yang tengah menjalani program kehamilan. Jika Anda melakukan program hamil bisa menerapkan sejumlah tips agar cepat hamil dengan ramuan herbal berikut. Ramuan alami di bawah ini berguna sebagai penyubur kandungan dan meningkatkan peluang kehamilan.


1. Kencur dan Kunyit

Kencur dan kunyit asli sudah tidak asing lagi dijadikan bahan dasar pembuatan jamu. Bahannya tidak sulit ditemukan dan sering dijual keliling. Kedua umbi tersebut bisa Anda jadikan ramuan herbal yang berguna sebagai penyubur kandungan. Hal ini karena kencur dan kunyit memiliki kandungan yang bantu melancarkan siklus menstruasi, meningkatkan kesuburan, dan mengurangi bau tak sedap pada organ intim.

2. Ginseng

Ginseng dikenal baik untuk kesehatan. Khasiatnya dapat menurunkan kadar gula, meredakan stress, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mengobati gangguan pada rahim. Bila dikonsumsi secara rutin, ginseng dapat meningkatkan ukuran sel telur saat masa subur. Tidak hanya ginseng saja, akar dari tanaman kaya manfaat ini juga bisa dijadikan sebagai ramuan herbal penyubur kandungan. Cara membuatnya juga mudah. Anda cukup merebus akar ginseng dan meminum air rebusannya. Ginseng berguna dalam meningkatkan kualitas sel telur. Sebaiknya, konsumsi ramuan herbal akar ginseng ketika dalam masa subur untuk memperbesar peluang kehamilan.

3. Teh Buah Zuriat

Ramuan herbal yang kaya manfaat seperti teh dari serbuk buah zuriat baik untuk dikonsumsi. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, buah zuriat yang berasal dari Timur tengah ini memberi sejumlah manfaat. Mulai dari meningkatkan fungsi liver, menurunkan kolesterol dan trigliserida, hingga sebagai penyubur kandungan. Secara alami, buah zuriat memang bisa dikonsumsi serta digunakan untuk kesehatan karena kandungan gizi yang ada di dalamnya. Tambahkan madu saat meminum teh buah zuriat agar mendapat khasiat tambahan. Tips agar cepat hamil dengan meminum ramuan herbal memberi banyak efek positif bagi tubuh.

4. Daun Sirih dan Bawang Putih

Membuat ramuan herbal dengan campuran daun sirih dan bawang putih mampu untuk tingkatkan kesuburan. Sebagai tanaman obat keluarga, sirih diakui dapat membunuh berbagai bakteri jahat di dalam tubuh. Sementara, bawang putih kaya akan antioksidan.

Cara membuatnya juga mudah. Pertama-tama, rebus daun sirih dan campurkan bawang putih yang telah ditumbuk halus. Saring hingga menjadi air rebusan murni, lalu siap untuk diminum. Tidak hanya berguna sebagai penyubur, ramuan ini juga direkomendasikan untuk pemulihan wanita yang baru saja mengalami keguguran.

5. Jahe dan Lempuyang

Tanaman seperti lempuyang dan jahe merupakan perpaduan yang cocok dalam mengobati berbagai penyakit salah satunya kista pada rahim. Penyakit kista sering diabaikan oleh penderita karena tidak menimbulkan gejala apapun atau rasa sakit. Sehingga pengidapnya baru akan mengetahui ketika USG.

Perlu diketahui, kista juga bisa menghambat kesuburan dan berakibat sulit hamil bagi ibu. Membuat ramuan herbal dari jahe dan lempuyang cukup dengan ditumbuk halus, lalu direbus dengan air mineral. Setelah itu konsumsi secara rutin setiap hari untuk mendapatkan khasiatnya.