Pada akhir tahun 200an, Website ecommerce terus mengalami peningkatan pengunjung hingga menjadi trend terbaru khususnya di Negara Indonesia. Marketplace menjadi salah satu website ecommerce yang menyediakan sistem jual beli online yang cukup digemari oleh rakyat Indonesia. Ada beberapa kemudahan layanan yang diasajikan oleh situs jual beli online yang perlu kamu ketahui seperti banyaknya varian produk, akses toko yang tidak terbatas selama 24 jam dan semua itu bisa anda dapatkan dari handphone atau laptop anda di rumah. Oleh sebab itu market place Indonesia mengalami peningkatan penjualan yang cukup signifikan. Lalu apa saja marketplace terbesar di Indonesia?


1.     Tokopedia

Marketplace yang didirikan oleh William Tanuwijya ini bisa dikatakan sebagai marketplace terbesar yang ada di Indonesia. Pasalnya di tahun ke 10 tokopedia berdiri perusahaan tersebut dapat mencapai kunjungan hingga 137.200.900. selain itu Tokopedia juga dijuluki sebagai salah satu startup unicorn Indonesia yang berarti valuasi perusahaan tersebut sudah mencapai lebih dari 1 milyar dollar Amerika.

2.     Bukalapak

Bukalapak mendapatkan peringkat kedua setelah tokopedia sebagai penyandang gelar startup unicorn. Perusahaan ini didirikan oleh Ahmad Zaky pada tahun 2010. Kunjungan yang didapatkan oleh lapak ini mencapai 115.256.600 kunjungan tiap bulannya

3.     Shopee Indonesia

Shopee adalah perusahaan asal Singapura yang cukup sukses sehingga dapat melakukan ekspansi pasar ke kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Walaupun perusahaan ini adalah perusahaan asing, shopee berhasil meraih marketplace terbesar ketiga di Indonesia.  Dilihat dari kunjungan perbulannya Shopee mendapatkan sekitar 74.995.300 kunjungan di Indonesia.

4.     Lazada Indonesia

Marketplace ini juga cukup baik dalam pengelolaan website dan fasilitasnya, pada awal 2018 Lazada dapat mencapai pengunjung terbanyak, akan tetapi pada tahun 2019 para pesaing juga ikut menunjukkan taringnya sehingga Lazada menduduk peringkat keempat dengan jumlah pengunjung sekitar 52.044.500 tiap per bulan.

itu adalah 4 marketplace terbesar yang ada di Indonesia berdasarkan urutannya. Dimulai dari fenomena belanja online, banyak sekali aktifitas yang sudah di “online”-kan seperti membeli makanan, event organizer online, dan lain sebagainya. Maka dari itu media online menjadi salah satu media yang paling efektif untuk melakukan strategi pemasaran.