Masker kain menjadi barang yang mudah didapatkan di masa pandemi ini karena sudah banyak yang jual masker kain ini. Jenisnya pun beragam, mulai dari masker polos, masker bermotif tertentu, hingga masker fullprint dengan desain yang unik. Masker wajib dipakai oleh setiap orang yang berkegiatan di luar rumah. Termasuk juga saat melakukan kegiatan seperti bersepeda.


Bersepeda menjadi salah satu kegiatan favorit selama pandemi ini. Bersepeda terbukti menyehatkan dan juga mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menghilangkan stress dan jenuh akibat terlalu lama berada di dalam rumah selama pandemi ini. Tidak heran jika sekarang ini bersepeda menjadi trend yang dilakukan oleh banyak orang.

Aman Bersepeda Selama Pandemi

Ketika bersepeda, Anda perlu tahu mengenai tips aman selama bersepeda. Kegiatan ini dilakukan di luar rumah sehingga Anda juga perlu menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Agar Anda tetap merasa aman dan meminimalisir risiko tertular virus corona, berikut ini ada beberapa tips aman bersepeda di tengah pandemi corona:

  1. Jangan bersepeda saat sakit
Yang pertama, pastikan tubuh Anda dalam kondisi yang prima. Jangan bersepeda saat Anda merasa tidak enak badan. Meskipun itu hanya meriang, flu, atau batuk ringan, Anda sebaiknya tetap berada di rumah. Kenapa?

Saat Anda sakit, sistem imun dalam tubuh sedang menurun. Jika Anda memaksakan diri untuk berkegiatan di luar rumah dan bertemu dengan banyak orang, risiko tertular virus corona semakin tinggi. Bukannya sehat, Anda malah semakin sakit karena tertular virus lain.

  1. Pilih waktu yang tepat
Yang kedua, pilih waktu yang tepat untuk bersepeda. Anda bisa memilih waktu di pagi hari atau di sore hari. Anda disarankan untuk bersepeda di pagi hari karena belum banyak polusi di pagi hari. Selain itu, Anda juga akan tetap merasa nyaman selama bersepeda karena cuacanya tidak terlalu terik.

Jika tidak bisa di pagi hari, Anda bisa bersepeda di sore hari. Sore hari menjadi waktu yang tepat untuk bersepeda karena pada waktu ini matahari sudah tidak terik lagi. Anda bisa menikmati pemAndangan matahari tenggelam sembari bersepeda.

  1. Gunakan masker dengan benar
Yang ketiga, gunakan masker dengan benar. Meskipun banyak pro kontra terkait pemakaian masker saat berolahraga, Anda tetap perlu memakai masker saat bersepeda. Hal ini untuk menjaga diri Anda dari risiko tertular virus corona selama berada di luar ruangan.

Tidak ada lagi alasan tidak memiliki masker karena kini sudah banyak yang jual masker kain. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual masker ini di sepanjang jalan. Jika Anda belum punya, Anda bisa membeli selama dalam perjalanan bersepeda.

  1. Tidak bersepeda dengan banyak orang
Yang keempat, tidak bersepeda dengan banyak orang. Lebih baik Anda bersepeda sendirian atau bersama dengan satu orang teman saja. Hindari bersepeda beramai-ramai dengan banyak orang atau sampai berkerumun.

  1. Tidak perlu mampir atau singgah
Yang kelima, Anda tidak perlu mampir atau singgah setelah bersepeda. Segera pulang selesai bersepeda dan bersihkan diri Anda. Singgah di suatu tempat bisa menyebabkan Anda tertular virus corona.

Nah, itulah 5 tips aman bersepeda selama pandemi corona. Anda boleh beraktivitas di luar rumah selama pandemi, termasuk bersepeda. Dengan catatan, Anda harus mematuhi protokol kesehatan. Cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, dan selalu pakai masker. Sudah banyak yang jual masker kain polos maupun masker fullprint dengan harga terjangkau. Jadi, Anda tidak punya alasan lagi untuk tidak mengenakan masker.